Sabtu, 25 Juni 2016

10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda


10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda,-Kita semua tahu bahwa minuman bersoda bukanlah pilihan yang bagus untuk kesehatan. Sudah banyak pula diskusi yang membahas mengenai efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan. Namun begitu, saat ini minuman bersoda sangat sulit dihindari. Rasanya yang manis dan nikmat membuat minuman ini menjadi pilihan favorit untuk ngumpul, bersantai di depan televisi, atau sekedar menghilangkan dahaga.

Akan tetapi, semakin banyak Anda meminumnya, semakin banyak pula risiko kesehatan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Bahkan minum soda dalam jumlah ‘normal’ sudah bisa mendatangkan bahaya untuk tubuh. Simak beberapa efek negatif dan berbahaya dari minuman bersoda berikut, yang kami rangkum dari berbagai penelitian dan sumber :

  • Menjadi Salah Satu Penyebab Diabetes Tipe 2
Minuman bersoda, sanat tinggi kalori dan tidak mengandung nilai nutrisi bati tubuh.Di dalam satu kaleng minuman bersoda terkandung pemanis yang setara dengan 10 sendok teh gula. Total gula yang terkandung di dalam soda, khususnya yang berbentuk cair, dapat membuat gula darah meningkat dan menyebabkan reaksi insulin dalam tubuh. Jika terus menerus dikonsumi maka seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan diabetes atau resistensi insulin.

  • Tidak Baik Bagi Tulang Dan Gigi
Asam fosfat yang terkandung di dalam soda bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan dapat menyebabkan osteoporosis, gigi berlubang dan pelunakan tulang. Asam fosfat juga berinteraksi dengan asam lambung yang nantinya dapat memperlambat proses pencernaan dan mengalangi penyerapan nutrisi.Terdapat juga sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal General Dentistry, yang membandingkan kesehatan mulut antara pengguna kokain dan peminum soda. Peneliti menemukan bahwa keduanya mengalami pengeroposan gigi dengan level yang sama. Penyebabnya adalah citric acid, yang dapat melemahkan dan menghancurkan enamel gigi sepanjang waktu.

  • Mengandung Bahan-Bahan Yang Berbahaya
Hampir 10% minuman bersoda yang tersebar d pasaran mengandung bahan-bahan terlarang berbahaya seperti BVO atau Brominated Vegetable Oil [ref], yang penggunaannya sudah dilarang oleh WHO dan juga dilarang peredarannya oleh lebih dari 100 negara.

  • Menjadi Penyebab Terkena Penyakit Jantung
Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, minum satu kaleng soda dalam sehari dikaitkan dengan 48% peningkatan risiko sindrom metabolik seperti penyakit jantung, kolesterol tingi, dan juga diabetes.

  • Terdapatnya Pemanis Buatan Yang Dapat Memicu Sakit Kepala
Beberapa penelitian membuktikan bahwa aspartam atau pemanis buatan dapat memicu sakit kepada atau migrain pada orang-orang tertentu.

  • Dapat Memicu Seserang Mengalami Depresi
Baru-baru ini sebuah studi yang di presentasikan di American Academy of Neurology menemukan fakta bahwa mereka yang minum soda lebih dari empat gelas atau kaleng soda setiap harinya lebih mungkin mengalami depresi klinis sebesar 30% dibandingkan mereka yang menghindarinya.

  • Mengalami Gangguan Pada Reproduksi
Tahukah Anda, ternyata kaleng yang sering digunakan untuk wadah minuman ringan ternyata dilapisi dengan endocrine disruptor bnisphenol A (BPA), yang dikaitkan menjadi salah satu penyebab sakit jantung, obesitas dan masalah reproduksi.

  • Menjadi Salah Satu Penyebab Dari Obesitas
Peneliti Harvard baru-baru ini menemukan hubungan antara minuman bersoda dengan obesitas. Studi ini menemukan bahwa anak usia 12 tahun yang minum soda lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang tidak. Untuk setiap porsi soda yang dikonsumsi, risiko obesitas meningkat 1,6 kali.

  • Tidak Mengandung Nilai Gizi Apapun
Tidak hanya memiliki banyak efek berbahaya, ternyata soda juga sama sekali tidak memiliki nilai gizi di dalamnya. Soda adalah zat alami yang merugikan tubuh karena kadar gula, natrium dan kafein yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan dehidrasi kronis.

  • Menjadi Salah Satu Pemicu Kanker
Kebanyakan minuman bersoda mengandung kafein yang telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, benjolan pada payudara, jantung berdebar tidak teratur, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Semoga Informasi Ini Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua, Terimakasih Atas Kunjungannya



10 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar